Welcome to Hakim Official!

Make sure to SUBSCRIBE Hakim Nurubay channel guys



SUBSCRIBE !

October 26, 2020

Artikel ini telah dikunjungi 1249×


Apa itu HTML? apakah HTML Punya Sejarah? apa Perbedaannya HTML dengan HTML5?


thumbnail

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML memungkinkan seorang user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi.

Dikutip dari Wikipedia Hypertext Markup Language adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan di peramban internet. Ini dapat dibantu oleh teknologi seperti Cascading Style Sheets dan bahasa scripting seperti JavaScript dan VBScript.

DomaiNesia

HTML bukanlah bahasa pemrograman, dan itu berarti HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Sebagai gantinya, HTML memungkinkan user untuk mengorganisir dan memformat dokumen, sama seperti Microsoft Word.


Kesimpulannya, pengertian HTML sebagai bahasa mark up sangatlah mudah untuk dipahami bahkan bagi webmaster pemula di bidang web development sekalipun.

Sejarah HTML

Sejarah HTML atau Hypertext Markup Language telah menjadi teknologi utama untuk Web sejak awal tahun 1990-an. Tim Berners-Lee menciptakan HTML pada tahun 1989 sebagai cara sederhana namun efektif untuk mengkodekan dokumen elektronik. Bahkan, tujuan awal dari web browser adalah untuk melayani pembaca untuk membuka dokumen berformat HTML.


Baca juga : Apa itu CSS? Pengertian dan Fungsinya itu apaansih? Apakah ada Sejarahnya about CSS?

Perkembangan HTML

Didalam HTML telah mengalami berbagai perkembangan dari tiap-tiap versinya. Berikut adalah beberapa versi dari perkembangan HTML tersebut:

HTML Versi 1.0

HTML Versi 1.0 merupakan pionir yang di dalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan hingga wajar jika tampilan yang dihasilkan sangat sederhana. Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraf, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wraping)

HTML Versi 2.0

Pada HTML Versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran dan kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya web interaktif.

HTML Versi 3.0

Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti FIGURE yang merupakan perkembangan dari IMAGE untuk meletakkan gambar dan tabel. Selain itu, HTML ini juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya. Versi ini yang disebut HTML+- tidak bertahan lama dan segera digantikan dengan versi 3.2.

HTML Versi 4.01

HTML versi 4.01 merupakan revisi dari HTML 4.0. Versi terbaru ini memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil (minor errors) pada versi terdahulunya. HTML 4.01 ini juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

HTML Versi 5.0

Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009, tetapi pada tanggal 4 Maret 2010 terdapat sebuah informasi bahwa W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0 telah mengmbangkan versi HTML terbaru, yaitu versi 5.0.

HTML 5 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan JavaScript.

Pengertian Tag HTML dan Fungsinya

Tag HTML memiliki dua tipe utama: block-level dan inline tags.


  1. Elemen block-level memakai semua space yang tersedia dan selalu membuat line baru di dalam dokumen. Contoh dari tag block adalah heading dan paragraf.
  2. Elemen inline hanya memakai space sesuai dengan kebutuhannya dan tidak membuat line baru di halaman. Biasanya elemen ini akan memformat isi konten dari elemen block-level. Contoh dari tag inline adalah link dan emphasized strings.

Tag Block-Level

Tiga tag block-level yang harus dimiliki oleh setiap dokumen HTML adalah <html>, <head>, dan <body>.


  1. Tag <html></html> adalah elemen level tertinggi yang menyertakan setiap halaman HTML.
  2. Tag <head></head> menyimpan informasi meta, seperti judul dan charset halaman.
  3. Tag <body></body> melampirkan semua konten yang muncul pada suatu halaman.
  1. <html>
  2. <head>
  3. <!-- META INFORMATION -->
  4. </head>
  5. <body>
  6. <!-- PAGE CONTENT -->
  7. </body>
  8. </html>
  • Heading memiliki 6 level di HTML. Level tersebut bervariasi, mulai dari <h1></h1> sampai ke <h6></h6>, di mana h1 merupakan level heading tertinggi dan h6 adalah level terendah. Paragraf dibuka dan ditutup dengan tag <p></p>.
  • Division merupakan bagian konten yang lebih besar dan biasanya terdiri atas beberapa paragraf, gambar, kadang-kadang blockquote, dan elemen lebih kecil lainnya. Kita bisa membuat mark up dengan menggunakan tag <div></div>. Di dalam elemen div juga terdapat tag div lainnya.
  • Anda juga bisa menggunakan tag <ol></ol> untuk list yang berurutan dan <ul></ul> untuk list yang tidak berurutan. Masing-masing list item harus dibuka dan ditutup dengan tag <li></li>. Sebagai contoh, di bawah ini adalah tampilan dasar dari list tidak berurutan dalam HTML:
  1. <ul>
  2. <li>Urutan List 1</li>
  3. <li>Urutan List 2</li>
  4. <li>Urutan List 3</li>
  5. </ul>

Tag Inline

Nah Sebagian besar pada tag inline digunakan untuk memformat teks. Sebagai contoh, tag <strong></strong> akan render elemen ke format bold, sedangkan tag <em></em> akan ditampilkan dalam format italic.

Apasih Perbedaan HTML dengan HTML5?

Sejak hari pertama diperkenalkan, HTML telah melewati perkembangan yang cukup signifikan. W3C terus merilis versi dan update terbaru sembari mencetak sejarah dan mengukuhkan keberadaannya.

HTML4 (belakangan ini sering disebut sebagai “HTML”) dirilis pada tahun 1999 dan versi terbarunya diperkenalkan pada publik pada tahun 2014. Dikenal sebagai HTML5, versi terbaru ini menambahkan lebih banyak fitur baru ke bahasa mark up ini.

Salah satu fitur canggih di HTML5 adalah support untuk embed audio dan video. Jadi, alih-alih menggunakan Flash player, kita bisa melakukan file video dan audio yang di-embed ke halaman website dengan eanfaatkan tag <audio></audio> dan <video></video>. Fitur tersebut juga memiliki support bawaan untuk grafis vektor (SVG) yang dapat diskalakan dan MathML untuk formula matematika dan ilmiah.

HTML5 juga memperkenalkan beberapa perbaikan pada semantic. Tag semantic baru mengirimkan informasi pada browser tentang arti konten, yang bermanfaat tak hanya bagi pembaca, tapi juga mesin pencari.

Tag semantic yang paling banyak digunakan adalah <article></article>, <section></section>, <aside></aside>, <header></header>, dan <footer></footer>.


Baca juga : Cara Membuat Website Sederhana Hanya dengan HTML dan CSS

Kelebihan HTML

Berikut beberapa Kelebihan dari HTML:

  • Dijalankan secara alami di setiap web browser.
  • Memiliki learning curve yang mudah.
  • Bahasa markup yang rapi dan konsisten.
  • Open-source dan sepenuhnya gratis.
  • Bahasa yang digunakan secara luas dan memiliki banyak sumber serta komunitas yang besar.

Kekurangan HTML

Pasti Kalian tau setiap apapun yang Kalian gunakan pasti ada Kekurangan, nah disini saya akan kasih beberapa Kekurangan dari HTML:

  • Paling sering digunakan untuk halaman web statis. Untuk fitur dinamis, Anda bisa menggunakan JavaScript atau bahasa backend, seperti PHP.
  • Terkadang perilaku browser susah untuk diprediksi (misalnya, browser lama tidak selalu bisa render tag yang lebih baru).
  • Penggunaan Tag yang lebih banyak.
  • Fitur-fitur baru tidak bisa digunakan secara cepat di sebagian browser.

So.. What is the HTML?

HTML adalah bahasa mark up web yang utama dan dijalankan secara alami di setiap browser serta di-maintain oleh World Wide Web Consortium.

Berdasarkan cara kerja HTML, Anda bisa menggunakannya untuk membuat struktur konten pada website dan aplikasi web (dengan memakai coding HTML sederhana). HTML merupakan level terbawah dari teknologi frontend dan berfungsi sebagai dasar styling yang bisa Anda tambahkan dengan CSS dan fungsionalitas yang dapat dijalakan menggunakan JavaScript.

Jika Kalian ingin Request membuat artikel, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini!
Sekian dari saya. Terima Kasih telah berkunjung ke artikel ini.
kunjungan anda adalah Tamu Kami!
Salam !DOCTYPE

Avatar
𝓗𝓪𝓴𝓲𝓶 Nurubay

I'm a beginner web programmer, and I like to learn new things, and my passionate is about Music. you can subscribe to My YouTube Channel Hakim Nurubay. Thank you for you guys who have subscribed My YouTube Channel, and I'm glad for it. Greetings !DOCTYPE


Apa itu Bootstrap? Pengertian dan Fungsinya itu apaansih?


Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang sumber terbuka dan bebas untuk merancang situs web dan aplikasi web.
Read More


Apa itu JavaScript? Pengertian dan Fungsinya itu apaansih? apakah JavaScript Punya Sejarah?


JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis.
Read More


Apa itu CSS? Pengertian dan Fungsinya itu apaansih? Apakah ada Sejarahnya about CSS?


CSS atau Cascading Style Sheet merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web
Read More


Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Fungsinya apa?


SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencarian.
Read More


Flag Counter

ads

ads



DomaiNesia

Related Posts


posts

Pengertian dan Cara Menggunakan Bootstrap

Seperti yang kalian ketahui Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang sumber terbuka dan bebas untuk merancang situs web dan aplikasi web.

Lihat

posts

Cara Membuat Website Sederhana Hanya dengan HTML dan CSS saja!

seperti yang kalian ketahui HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. kalian di sini akan melihat tutorial membuatnya.

Lihat

posts

Cara Embed Website ke halaman Website Sendiri Responsive

Kalian ingin meng-Embed sebuah website ke halaman website Kalian sendiri, dan Kalian tidak tahu cara membuatnya? di sini saya akan memberi tahu caranya meng-Embed Website

Lihat

posts

Cara Embed Video YouTube AutoPlay Terbaru ke halaman Website Sendiri Responsive

Kalian ingin meng-Embed video YouTube kalian ke sebuah halaman website? dan juga ingin membuatnya AutoPlay? Yuk Sini saya beri source code nya!

Lihat