\

Welcome to Hakim Official!

Make sure to SUBSCRIBE Hakim Nurubay channel guys



SUBSCRIBE !

October 22, 2020

Artikel ini telah dikunjungi 536×


Apa itu JavaScript? Pengertian dan Fungsinya itu apaansih? apakah JavaScript Punya Sejarah?


thumbnail

Bagi yang masih awam, tentu akan bertanya-tanya, apa itu JavaScript? Nah untuk itu Kalian bisa Search sendiri di Google eh gak gak bercanda hehehehe. JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu dua puluh tahun ini. Bahkan JavaScript juga dikenal sebagai salah satu dari tiga bahasa pemrograman utama bagi web developer:

  • HTML: Memungkinkan Anda untuk menambahkan konten ke halaman web.
  • CSS: Menentukan layout, style, serta keselarasan halaman website.
  • JavaScript: Menyempurnakan tampilan dan sistem halaman web.

Dikutip dari Wikipedia JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.


JavaScript dapat dipelajari dengan cepat dan mudah serta digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan fungsionalitas website hingga mengaktifkan permainan (games) dan software berbasis web. Selain itu, terdapat ribuan template dan aplikasi JavaScript yang bisa Anda gunakan secara gratis dan semuanya ini berkat beberapa situs, seperti Github.

Sejarah JavaScript

Mengapa pada JavaScript ada kata 'Java'-nya ? setelah dilihat kembali faktanya JavaScript tidak hubungannya dengan Java, sekalipun tidak ada hubungannya namun ternyata JavaScript diinspirasi oleh Java selain itu untuk skema dan inti bahasa pemrogramannya sendiri dibuat oleh Brendan Eich pada 1995.

Adanya kata java pada JavaScript memiliki alasan unik lainnya yang kita akan kisahkan pada paragraf selanjutnya. Kisah ini bermula saat terjadinya persaingan web browser, antara Netscape yang didukung oleh Sun Microsystems dan Microsoft, persaingan ini sangat mempengaruhi bagaimana JavaScript secara bertahap menjadi ternama hingga saat ini.

Ternyata kata Java dimasukkan pada JavaScript hanyalah untuk strategi pemasaran agar mendapatkan penerimaan. JavaScript merupakan bahasa script yang populer di internet dan dapat bekerja di browser populer seperti Internet Explorer(IE), Mozilla Firefox, Google Chrome, Netscape, Opera dll. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag "Script".


Baca juga : Apa itu HTML? apakah HTML Punya Sejarah? apa Perbedaannya HTML dengan HTML5?


JavaScript diciptakan oleh Brendan Eich pada tahun 1995, seorang programmer dari Netscape yang mulai mengembangkan sebuah bahasa pemograman script yang dinamakan Mocha, diganti dengan nama LiveScript dan berujung menjadi JavaScript. Netscape pada saat itu merupakan perusahaan software ternama yang memiliki web browser Netscape Navigator.

Eich pencipta JavaScript berkata:


"Netscape dan Sun melakukan perjanjian lisensi dan lahirlah JavaScript. Ide itu untuk membuat sebuah bahasa scripting yang saling melengkapi dengan Java, dengan bahasa yang dikompilasi. "


Microsoft memperkenalkan web browser Internet Explorer 3 dengan JScript. JScript merupakan nama lain JavaScript, Microsoft melakukan ini dikarenakan JavaScript merupakan merk dagang yang dimiliki Sun dan Netscape. Sehingga Microsoft mencari nama lain untuk versi JavaScript mereka.

Netscape dengan Sun Microsystems melakukan standarisasi dan mengubah nama resmi dari ECMA (European Computer Manufacturers Association) menjadi JavaScript. Selain memiliki fitur yang mirip, JScript juga menambahkan beberapa fitur tersendiri, sehingga JavaScript dan JScript tidak sepenuhnya kompitable.

DomaiNesia

Jadi apa yang membuat JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang paling populer di dunia? ternyata jawabannya simple karena JavaScript lah yang pertama kali masuk kedalam browser sebelum dikenal orang banyak.

sumber : Why Does “JavaScript” Contain Word “Java” Even If It Has Nothing To Do With Java

Apa Kelebihan JavaScript?

Terdapat sejumlah kelebihan JavaScript yang menjadikan bahasa pemrograman ini lebih unggul jika dibandingkan dengan kompetitornya, terutama di beberapa kasus tertentu. Berikut beberapa kelebihan JavaScript:

  1. Anda tidak membutuhkan compiler karena web browser mampu menginterpretasikannya dengan HTML;
  2. Error atau kesalahan lebih mudah dicari dan ditangani;
  3. Anda dapat menggunakan JavaScript untuk memvalidasi input dan mengurangi keinginan untuk mengecek data secara manual;
  4. Lebih cepat dan ringan jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya;
  5. Lebih mudah dipelajari jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Apa Saja Kekurangan JavaScript?

Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki beberapa kekurangan. Salah satu penyebabnya adalah semakin populernya bahasa pemrograman yang Anda pilih, termasuk dalam hal ini adalah JavaScript. Popularitas tersebut, sialnya, mengundang para hacker, scammer, dan pihak ketiga berbahaya lainnya untuk mencari celah keamanan. Beberapa kekurangan JavaScript, yaitu:

  1. Berisiko tinggi terhadap eksploitasi;
  2. Tidak selalu didukung oleh berbagai browser dan perangkat;
  3. Dapat di-render secara berbeda pada masing-masing perangkat yang malah mengarah ke inkonsistensi;
  4. JS code snippet agak banyak.

Jadi, Apa Itu JavaScript?

Berbicara soal pengertian JavaScript sangatlah mudah. JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang menjadikan website Anda lebih hidup dan menarik. Bahasa ini berbeda dari HTML (yang mengatur konten) dan CSS (yang mengelola layout). Berbeda dari PHP, bahasa pemrograman ini dijalankan di perangkat pengunjung situs Anda dan bukannya di server.

Hal-hal yang harus Anda ketahui tentang JavaScript:

  1. JavaScript mudah dipelajari;
  2. Lebih cepat dan ringan daripada bahasa pemrograman lainnya;
  3. Dapat dgunakan di berbagai browser dan perangkat;
  4. Dikembangkan oleh Netscape dan sampai saat ini telah digunakan oleh 92% website;
  5. Kurang aman jika dibandingkan dengan opsi bahasa pemrograman lainnya. Hal ini disebabkan karena popularitasnya yang kian meningkat.

Pada akhirnya Anda kini tahu alasan JavaScript begitu populer: memiliki keunggulan dan kualias terbaik. Semoga artikel ini dapat menjawab kegelisahan Anda mengenai apa itu JavaScript serta fungsi dan cara kerjanya.

Jika Kalian ingin Request membuat artikel, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini!
Sekian dari saya. Terima Kasih telah berkunjung ke artikel ini.
kunjungan anda adalah Tamu Kami!
Salam !DOCTYPE

Avatar
𝓗𝓪𝓴𝓲𝓶 Nurubay

I'm a beginner web programmer, and I like to learn new things, and my passionate is about Music. you can subscribe to My YouTube Channel Hakim Nurubay. Thank you for you guys who have subscribed My YouTube Channel, and I'm glad for it. Greetings !DOCTYPE


Apa itu Bootstrap? Pengertian dan Fungsinya itu apaansih?


Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang sumber terbuka dan bebas untuk merancang situs web dan aplikasi web.
Read More


Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Fungsinya apa?


SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencarian.
Read More


Apa itu CSS? Pengertian dan Fungsinya itu apaansih? Apakah ada Sejarahnya about CSS?


CSS atau Cascading Style Sheet merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web
Read More


Coming soon


Gone? Coming soon guys, have a nice day
Read More


Flag Counter

ads

ads



DomaiNesia

Related Posts


posts

Pengertian dan Cara Menggunakan Bootstrap

Seperti yang kalian ketahui Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang sumber terbuka dan bebas untuk merancang situs web dan aplikasi web.

Lihat

posts

Cara Membuat Website Sederhana Hanya dengan HTML dan CSS saja!

seperti yang kalian ketahui HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. kalian di sini akan melihat tutorial membuatnya.

Lihat

posts

Cara Embed Website ke halaman Website Sendiri Responsive

Kalian ingin meng-Embed sebuah website ke halaman website Kalian sendiri, dan Kalian tidak tahu cara membuatnya? di sini saya akan memberi tahu caranya meng-Embed Website

Lihat

posts

Cara Embed Video YouTube AutoPlay Terbaru ke halaman Website Sendiri Responsive

Kalian ingin meng-Embed video YouTube kalian ke sebuah halaman website? dan juga ingin membuatnya AutoPlay? Yuk Sini saya beri source code nya!

Lihat