Welcome to Hakim Official!

Make sure to SUBSCRIBE Hakim Nurubay channel guys



SUBSCRIBE !

February 8, 2022

Artikel ini telah dikunjungi 204×


Apa perbedaan Front End dan Back End


thumbnail

Front End developer dan Back End developer memiliki peranan penting dalam sebuah pengembangan sebuah situs atau aplikasi. Keduanya memiliki peranan yang sangat berbeda, Tahukah kalian apakah perbedaan tersebut? Yuk simak terus artikel ini :D

Front End developer adalah orang yang berperan dalam mengembangkan tampilan sebuah situs atau aplikasi yang biasanya melalui HTML, CSS, JavaScript. Sementara, Back End developer adalah orang yang berperan agar situs atau aplikasi tersebut dapat bekerja.

Mengenal Apa Itu FrontEnd Developer

thumbnail

Pengembangan bagian Front End adalah bagian dari pengembangan tampilan depan web yang ditampilkan langsung untuk user. User juga dapat berinteraksi pada bagian ini. Pada dasarnya, Front End Developer bertanggung jawab atas semua yang kalian lihat dan bekerja untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk memastikannya berjalan mulus. Pada bagian ini biasanya dibagun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Skill dan Keahlian FrontEnd Developer

Menjadi seorang Front End Developer bukanlah begitu mudah, mereka juga membutuhkan skill dan keahlian dalam menjalankan peranannya sebagai Front End Developer. Maka dari itu seorang Front End Developer harus memiliki skill dan keahlian khusus yang dibutuhkan.

Berikut beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk seorang Front End Developer :

  • Pemahaman yang baik tentang bahasa pemrograman FrontEnd seperti HTML, CSS, dan juga JavaScript
  • Kemampuan untuk membuat tampilannya yang sesuai dengan contoh yang telah diberikan UI Designer
  • Pengetahuan tentang pengujian dan debugging
  • Pemahaman tentang alat dan fitur pengembangan Front End seperti sistem pengelolaan konten, sistem kontrol versi, API dan lain sebagainya.

Bahasa Pemrograman FrontEnd Developer

Bahasa pemrograman FrontEnd yang biasa kita kenal adalah HTML, CSS, dan JavaScript. Seorang Front End Developer fokus pada sistem grid dan tata letak serta tipografi dan teori warna. mereka harus menuliskan kode untuk membuat sebuah tampilan yang menarik dan juga sesuai dengan yang telah diberikan oleh seorang UI Designer.

Berikut bahasa pemrograman yang harus dipelajari para Front End Developer :

  • HTML
  • HTML memanglah bukan sebuah bahasa pemrograman, akan tetapi seorang Front End Developer harus mahir dalam HTML. Peranan HTML dalam sebuah website sangatlah penting, HTML dapat di ibaratkan sebagai tulang punggung yang dimana sangatlah penting dalam sebuah pengembangan website.

  • CSS
  • CSS memiliki peranan yang tak kalah penting dengan HTML, dengan CSS kita dapat membuat tampilan sebuah website menjadi sangat menarik dan berwarna, CSS dapat di ibaratkan sebagai kulit yang menyelimuti tulang punggung tersebut.

  • JavaScript
  • JavaScript adalah komponen yang penting dalam sebuah website, dengan JavaScript kita dapat membuat website kita tampak hidup.

Mengenal Apa Itu BackEnd Developer

thumbnail

BackEnd Developer membahas logika dan integrasi aplikasi web sisi server. Pengembang BackEnd menulis kode untuk membantu database dan aplikasi berkomunikasi. Pada dasarnya, BackEnd Developer menangani apa yang tidak kalian lihat karena mereka bertanggung jawab atas bagian belakang situs web, yang mencakup server, basis data, dan aplikasi.

Skill dan Keahlian BackEnd Developer

Setiap BackEnd Developer bertanggung jawab untuk membuat halaman web dan aplikasi berfungsi melalui Bahasa dan kerangka kerja Back End seperti Java atau Ruby on Rails. Menjadi seorang BackEnd Developer tidaklah mudah, mereka membutuhkan skill dan keahlian yang sangat dalam untuk menjalankan peranannya sebagi Back End Developer. Maka dari itu seorang Back End Developer harus memiliki skill dan keahlian yang sangat tinggi untuk menjadi seorang Back End Developer.

Berikut beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk seorang Back End Developer :

  • Pemrograman
  • Manajemen Database
  • Pengetahuan tentang aksesibilitas dan keamanan.

Bahasa Pemrograman BackEnd Developer

Pengembangan BackEnd membutuhkan bahasa pemrograman yang lebih maju seperti Java, PHP, Ruby, dan Python.

Berikut beberapa bahasa pemrograman yang umum digunakan Back End Developer :

  • Java
  • Java paling sering digunakan untuk membuat aplikasi untuk komputer. Biasanya ini digunakan untuk aplikasi bisnis besar, Big data, dan pengembangan android.

  • PHP
  • PHP digunakan untuk pengembangan web sisi server serta sebagai bahasa script untuk tujuan umum.

  • Python
  • Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ditafsirkan, berorientasi objek, dengan semantik dinamis.

Apa Perbedaan Front End dan Back End?

Menurut Career Foundry, Front End Developer adalah orang yang bertugas untuk menghubungkan sebuah situs aplikasi dengan pengguna.

Front End bertugas untuk memindahkan desain dari UI Designer ke dalam bentuk yang interaktif dan membuat desain tersebut menjadi hidup. Untuk membangun situs atau aplikasi, dibutuhkan pula seorang BackEnd Developer.

BackEnd sangat dibutuhkan karena memiliki kemampuan mengolah sebuah aplikasi. Seorang BackEnd Developer juga sangat dibutuhkan untuk menghubungkan sebuah database dengan website atau aplikasi, BackEnd juga bertanggung jawab dalam menangani bagian belakang sebuah website atau aplikasi.

Kesimpulan

Pemrograman mencakup berbagai topik, keterampilan serta menguasai bahasa pemrgoraman tertentu, Mereka yang tertarik untuk masuk ke profesi ini mungkin merasa sulit untuk mempersempit bidang studi tanpa memahami peran dan tugas yang menyertainya.

Jika Kalian ingin Request membuat artikel, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini!
Sekian dari saya. Terima Kasih telah berkunjung ke artikel ini.
kunjungan anda adalah Tamu Kami!
Salam !DOCTYPE

Avatar
𝓗𝓪𝓴𝓲𝓶 Nurubay

I'm a beginner web programmer, and I like to learn new things, and my passionate is about Music. you can subscribe to My YouTube Channel Hakim Nurubay. Thank you for you guys who have subscribed My YouTube Channel, and I'm glad for it. Greetings !DOCTYPE


Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Fungsinya apa?


SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencarian.
Read More


7 Bahasa Pemrograman Terbaik


Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang wajib digunakan oleh seorang Programmer, Berikut Bahasa pemrgoraman terbaik yang cocok dipelajari di tahun 2022.
Read More


Apa itu CSS? Pengertian dan Fungsinya itu apaansih? Apakah ada Sejarahnya about CSS?


CSS atau Cascading Style Sheet merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web
Read More


DeltaX Discord Bot baru yang memiliki banyak kelebihan


DeltaX Bot adalah bot multifungsi yang memiliki banyak fitur menarik yang pastinya gratis sepenuhnya.
Read More


Flag Counter

ads

ads

DomaiNesia

Related Posts


posts

Pengertian dan Cara Menggunakan Bootstrap

Seperti yang kalian ketahui Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang sumber terbuka dan bebas untuk merancang situs web dan aplikasi web.

Lihat

posts

Cara Membuat Website Sederhana Hanya dengan HTML dan CSS saja!

seperti yang kalian ketahui HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. kalian di sini akan melihat tutorial membuatnya.

Lihat

posts

Cara Embed Website ke halaman Website Sendiri Responsive

Kalian ingin meng-Embed sebuah website ke halaman website Kalian sendiri, dan Kalian tidak tahu cara membuatnya? di sini saya akan memberi tahu caranya meng-Embed Website

Lihat

posts

Cara Embed Video YouTube AutoPlay Terbaru ke halaman Website Sendiri Responsive

Kalian ingin meng-Embed video YouTube kalian ke sebuah halaman website? dan juga ingin membuatnya AutoPlay? Yuk Sini saya beri source code nya!

Lihat